Modul 1 Percobaan 3



 

1. Tujuan [kembali]

    a.  Merangkai aplikasi penggunaan arduino

    b. Mengaplikasikan dan menjelaskan penggunaan arduino untuk keypad

    c. Menjelaskan program yang di gunakan pada arduino

2. Komponen [kembali]

A. Arduino 

 

Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri. Saat ini Arduino sangat populer di seluruh dunia. Banyak pemula yang belajar mengenal robotika dan elektronika lewat Arduino karena mudah dipelajari. Tapi tidak hanya pemula, para hobbyist atau profesional pun ikut senang mengembangkan aplikasi elektronik menggunakan Arduino. Bahasa yang dipakai dalam Arduino bukan assembler yang relatif sulit, tetapi bahasa C yang disederhanakan dengan bantuan pustaka-pustaka (libraries) Arduino.

Input/output digital atau digital pin adalah pin pin untuk menghubungkan arduino dengan komponen atau rangkaian digital. contohnya , jika ingin membuat LED berkedip, LED tersebut bisa dipasang pada salah satu pin input atau output digital dan ground. komponen lain yang menghasilkan output digital atau menerima input digital bisa disambungkan ke pin pin ini. Input analog atau analog pin adalah pin pin yang berfungsi untuk menerima sinyal dari komponen atau rangkaian analog. contohnya , potensiometer, sensor suhu, sensor cahaya, dll.

B. Keypad 

berarti Sebuah keyboard miniatur atau set tombol untuk operasi portabel perangkat elektronik, telepon, atau peralatan lainnya. Keypad merupakan sebuah rangkaian tombol yang tersusun atau dapat disebut "pad" yang biasanya terdiri dari huruf alfabet (A—Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka serta simbol-simbol khusus lainnya. Keypad yang tersusun dari angka-angka biasanya disebut sebagai numeric keypad. Keypad juga banyak dijumpai pada alphanumeric keyboard dan alat lainnya seperti kalkulatortelepon, kunci kombinasi, serta kunci pintu digital, di mana diperlukannya nomor untuk dimasukkan.

C. LCD (Liquid Cristal Display) 



berfungsi untuk menampilkan karakter angka, huruf ataupun simbol dengan lebih baik dan dengan konsumsi arus yang rendah. LCD (Liquid Cristal Display) dot matrik M1632 merupakan modul LCD buatan hitachi. Modul LCD (Liquid Cristal Display) dot matrik M1632 terdiri dari bagian penampil karakter (LCD) yang berfungsi menampilkan karakter dan bagian sistem prosesor LCD dalam bentuk modul dengan mikrokontroler yang diletakan dibagian belakan LCD tersebut yang berfungsi untuk mengatur tampilan LCD serta mengatur komunikasi antara LCD dengan mikrokontroler yang menggunakan modul LCD tersebut. LCD M1632 merupakan modul LCD dengan tampilan 2×16 (2 baris x 16 kolom) dengan konsumsi daya rendah.

3. Rangkaian Simulasi [kembali]


Prinsip Kerja:

Terlihat pada rangkaian bahwa ada beberapa komponen yaitu Arduino, Keypad, dan LCD. Setiap kaki input keypad dihubungkan pada kaki input digital arduino, begitu juga pada LCD dihubungkan ke input analog arduino. Lalu pada program arduinonya dilakukan deklarsi pada setiap baris dan kolom pada keypad dan melakukan inisialisasi pada library pin yang digunakan. Setelah itu dilakukan perulangan fungsi pada saat keypad membaca input yang telah dimasukan. Dan terlihat dari hasil rangkaian proteus dilihat bahwa hasil dari program adalah setiap masukan keypad menghasilkan keluaran sesuai dari masukan tadi serta keluar dari sisi kiri layar LCD.

4. Flowchart [kembali]

5. Listing Program [kembali]

#include <LiquidCrystal.h>
#include <Keypad.h>

const byte ROWS = 4; //four rows
const byte COLS = 3; //three columns
char keys[ROWS][COLS] = {
    {'1','2','3'},
    {'4','5','6'},
    {'7','8','9'},
    {'*','0','#'}
};

byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //connect to the row pinouts of the keypad
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //connect to the column pinouts of the keypad

// initialize the library with the numbers of the interface pins
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup() {
  // set up the LCD's number of columns and rows:
  lcd.begin(20, 4);
  lcd.setCursor(1,2);
  lcd.setCursor(4,3);
  lcd.setCursor(0,0);
}

void loop() {
char key = keypad.getKey();

    if (key) {
        lcd.print(key);
    }
}

6. Video Rangkaian [kembali]



7. Analisa [kembali]

1. Kenapa menggunakan pin D4 hingha D7 untuk disambungkan ke Arduino uno?

Jawab:

Karena pin pin D4-D7 berfungsi sebagai penerima dari pin analog dari Arduino, dan pin analog pada Arduino hanya memiliki 4 pin sebagai input ke LCD

2. Jelaskan apa saja yang berubah dari listing program saat keypad yang digunakan di ubah ke keypad 4X4.

Jawab:

Perubahan yang terjadi pada listing program arduino nya, ketika kita mendeklarasikan  sebelumnya cols = 3 maka akan menjadi cols = 4. Artinya kita telah mengubah keypad yang awalnya 3x4 menjadi 4x4. Kemudian kita juga mengubah

{'1','2','3'},       Menjadi           {'1','2','3',’*’},

 

{'4','5','6'},                               {'4','5','6',’*’},

 

{'7','8','9'},                               {'7','8','9',’*’},

 

{'','0','#'}                                {'','0','#',’*’}

 

Perubahan yang terjadi adalah kita bisa memasukan perintah yang lain pada tanda * seperti tanda tambah (+), kurang (-), kali (x) dan bagi (:)

8. Link Download [kembali]

Download rangkaian disini

Library Arduino klik disini

HTML klik disini

Flowchart klik disini

Video Rangkaian klik disini

Datasheet klik disini

Listing Program klik disini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAHAN PRESENTASI UNTUK MATAKULIAH SISTEM DIGITAL 2021 OLEH: Achmad Ridwan 1910951023 Dosen Pengampu: Darwison, M....